Senin, 04 Juni 2012

 Musik

Selama beberapa tahun belakangan ini Don Campbell mengungkapkan rahasia yang sudah dike-tahui selama berabad-abad: Musik bukan hanya hiburan. Musik adalah obat bagi tubuh dan jiwa. Dalam bahasa yang cerdas, lengkap, dan praktis, Don mampu men-jadi pemandu yang me-ngagumkan dalam me-ngantar kita menuju pe-mahaman akan kekuatan yang dikandung musik dalam membangkitkan inspirasi, mendidik, dan menyembuhkan. Pengaruh musik mampu menyajikan suatu alam yang berbeda ke dunia tempat kita tinggal.

Dilaporkan pasien-pasien stroke yang diberi terapi musik berkurang depresi dan kecemasan-nya dan menjadi lebih mantap emosi maupun motivasinya untuk berko-munikasi dibandingkan pasien-pasien yang men-dapatkan perawatan ba-ku.

Selain dapat mempe-ngaruhi suasana hati, musik kini diketahui me-miliki kekuatan yang amat mengagumkan. Dalam bahasa sederhana, musik itu baik bagi Anda--secara fisik, emosi, dan spiritual.
Bunyi, nada, dan ritme, terutama yang terkan-dung dalam musik Mozart, lagu Gregorian, jazz, New Age, Latin, pop, bahkan musik gamelan, dapat mempertajam pi-kiran serta meningkatkan kreativitas. Dan yang menakjubkan, mampu menyembuhkan tubuh. Fenomena luarbiasa ini disebut Efek Mozart.
Dalam buku tersebut diperlihatkan bukti-bukti pemanfaatan musik untuk menangani berbagai ma-salah, dari kecemasan hingga kanker, tekanan darah tinggi, nyeri kronis, disleksia, bahkan penyakit mental. Di AS, murid-murid yang menyanyi atau memainkan alat musik, skor SAT-nya 50 poin lebih tinggi ketim-bang rata-rata nasional. Selama proses melahirkan, musik mampu meredakan kecemasan para calon ibu dan membantu menge-luarkan endorfin, pemati rasa sakit alamiah yang dimiliki tubuh, sehingga mengurangi kebutuhan akan anestesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar