Jumat, 08 Juni 2012


" MELAKUKAN DENGAN TEPAT "



Selama seminggu lebih , saya sering berpikir tentang arti kata TEPAT untuk lakukan apa yang Tuhan mau.. karena saya melihat seringkali sampai hari ini banyak orang Kristen berlindung di dalam keterbatasannya sebagai manusia yang tidak sempurna, untuk beralasan ( terkadang saya berpikir itu adalah berdalih ! ) bahwa kita tidak mungkinlah melakukan semuanya seperti yang Tuhan mau, kan kita manusia....atau kita berlindung dalam sebuah Pengertian yang sepertinya rohani yaitu " Kan Kasih Karunia-Nya yang menyempurnakan apa yang kita buat.."  Menurut saya inii bukanlah sebuah sikap dari orang yang rindu menyenangkan hati Tuhannya..Tuhan tahu kita tidak sempurna, Tuhan tahu bahwa Kasih Karunia & Anugerah-Nya lah yang akan menyempurnakan setiap pekerjaan yang kita buat...tetapi MAU MELAKUKAN DENGAN TEPAT APA YANG DIA MAU & PERINTAHKAN itu adalah gambaran dari sebuah Gelora, Gairah ,Passion dari Cinta kita kepada Tuhan & Raja kita..untuk menyenangkan Dia..

Sampai pada akhirnya Tuhan memberi saya sebuah pengertian...bahwa MELAKUKAN DENGAN TEPAT adalah ibarat makanan yang dibuat dari bumbu & takaran yang PAS !  Bayangkan..sehebat apapun nama Makanannya tapi jika dibuat dari bumbu yang salah & takaran yang tidak pas..Pasti akan menimbulkan ketidakenakan rasa di orang yang menikmatinya..!! Bayangkan jika tampilan luarnya adalah Baso , dibentuk sangat indah bahkan besar, tetapi pas kita nikmati ternyata rasanya...rasa bumbu berbau pete, jengkol dan semua yang seharusnya tidak ada di baso...atau bumbunya pas tapi takarannya keasinan, ketawaran atau kemanisan...pasti hal tersebut akan menghilangkan gairah kita mencicipi baso tersebut..

Tanpa disadari banyak dari kita MELAKUKAN SESUATU atau MELAKUKAN BANYAK BAGI TUHAN dengan cara yang tidak TEPAT..!!! Mereka berpikir dengan kesederhanaan pelayanan mereka Tuhan berkenan, atau mereka berpikir dengan membuat sebuah event rohani besar dengan mengundang orang luar negri bahkan artis top, itu Tuhan berkenan..SALAH !!
Bukan soal sederhana atau mewahnya...tapi apakah isi dalamnya dari pelayanan kita itu TEPAT seperti yang Dia mau & perintahkan ?? Semua pelayanan kita bagi Tuhan adalah seharusnya dikerjakan bersama-sama dengan Tuhan ! Ingat Tuhan itu Pribadi & punya selera.
Karena buat saya, bekerja bersama Tuhan PASTI ujungnya adalah memuliakan & senangkan Tuhan...karena saya hamba, jika Raja saya,Tuan saya berjalan bersama saya ,kami berdua lakukan sesuatu ( bahkan lakukan sesuatu untuk berkati saya) itu untuk tujuan nama-Nya dimuliakan ! Tetapi jika kita hanya mau LAKUKAN SESUATU BAHKAN SEMUANYA bagi Tuhan, tanpa MAU BERJALAN BERSAMA TUHAN...saya takut, yang kita buat hanya untuk MENYENANGKAN HATI KITA karena kita tidak MELIBATKAN DIA !
Biarkan hidup & pelayanan kita adalah sebuah KORBAN yang habis dimakan oleh Tuhan..& Dia disenangkan juga PUAS dengan apa yang kita buat..

Karena  Tuhan adalah PRIBADI & DIA punya selera, kerinduan ,hasrat dan sebagainya...dalam keterbatasan manusia kita, asal kita MAU..pasti dalam kelemahan,keterbatasan bahkan kekurangan kita, anugerah-Nya menyempurnakan apa yang kita buat...yang penting Hati kita MAU ! Kita mau lakukan bagi Dia dengan apa yang Dia suka & maui.. Jika kita salah atau gagal dalam ketepatan, buka hati & ijinkan Tuhan koreksi kita...setelah bertobat, mari lakukan lagi yang Dia mau & sukai...itu bagian dari didikan-Nya bagi kita..
" Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya.( Kejadian 6 :22 ) "

Coba Renungkan ayat ini & seluruh kejadian tentang pembuatan bahtera Nuh...zaman itu teknologi belum seperti sekarang, bayangkan membangun sebuah bahtera yang besar sekali...membutuhkan banyak sumber daya manusia , alam bahkan keuangan...belum ditambah dengan ledekan, cemohan yang mengatakan Nuh gila, aneh dan sebagainya... tetapi lihat..Alkitab mengatakan bahwa Nuh melakukan dengan TEPAT apa yang diperintah Tuhan kepadanya..
Jangan pernah takut jadi aneh untuk lakukan dengan TEPAT apa yang Tuhan mau & suruh..
Jangan pernah menyerah jika karena kerinduanmu untuk lakukan dengan TEPAT apa yang Tuhan suruhkan, membuat engkau banyak alami penolakan, makian , diejek, tidak dianggap dan semua perlakuan Negatif orang lain kepadamu..
Jangan pernah takut bahaya, jika engkau disuruh-Nya melakukan hal-hal yang mengandung resiko..
Lakukan terus dengan Cinta kepada Tuhan ,lakukan TEPAT seperti yang Dia mau & suruh... Amin Amin Amin..

...Love is invincible facing danger and death...Passion laughs at the terrors of hell.
The fire of love stops at nothing-- it sweeps everything before it.. ( Songs 8: 6 The Message )
Cinta tak terkalahkan saat menghadapi bahaya bahkan kematian...gairah,gelora ( cinta kita ke Tuhan) akan menertawakan setiap teror dari neraka (intimidasi,bahkan aniaya sekalipun)...karena Api Cinta (Tuhan ) tidak akan berhenti, sebaliknya membakar semua yang ada didepannya...
By: Ps.  Vendrik Torindatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar