Jumat, 08 Juni 2012


Kembali hari ini kita akan melihat arti ke 2 dari kata TSALACH atau Berkuasa dalam ayat bacaan hari ini. Kemarin saya sudah membahas bahwa arti 1 dari kata TSALACH adalah sibuk,bukan sibuk dalam arti negatif tapi positif dan timbul dari ROH TUHAN SENDIRI yg ada dalam kita.
Arti ke 2 dari kata TSALACH dalam bahasa inggrisnya dipakai kata-kata:

A.Advance, B.Prosper, C.Make progress, D.Profitable, E.Experience prosperity.
Dari kata-kata ini saja sudah menunjukkan hal-hal yang luar biasa yang dialami oleh orang percaya jika mereka membiarkan diri mereka dipenuhi dan dikuasai oleh ROH TUHAN.

A.Advance dalam arti bebasnya menunjukkan adanya kemajuan atau peningkatan dalam hidup seseorang( pengetahuan,keahlian,kemampuan dsbnya) seperti jika kita masuk kursus bahasa,awalnya kita adalah orang yang tidak fasih, meningkat menjadi lebih fasih dan akhirnya sangat fasih dan ini juga berhubungan dengan peningkatan dari cara berpikir kita juga mentalitas kita, dari seseorang yang selalu berpikir negatif menjadi positif,mentalitas yang rapuh meningkat menjadi kuat karena DIA.
Dari seorang yang selalu kalah menjadi pemenang,from Zero to Hero.

B.Prosper berarti makmur,dan kata ini sering dipakai dalam Alkitab bahasa Inggris untuk kata BERKAT di dalam Alkitab bahasa Indonesia. Kemakmuran yang dimaksud bukan hanya hal materi tapi yang lebih dari itu adalah hal-hal dalam hidup seperti: kesehatan yang melimpah/diberkati, atau memiliki sukacita yang berlimpah walau masalah,tantangan dan kesulitan sedang kita hadapi dalam hidup ini,bahkan berlimpah dalam Kemurahan kepada sesama walau mungkin secara ekonomi kita pas-pasan.

C.Make Progress bicara tentang hasil dari sesuatu yang sedang kita kerjakan apapun itu, baik hal rohani atau jasmani terjadi kemajuan positif.

D.Profitable ini bicara tentang keuntungan,dan kata ini akrab dengan dunia sekuler,usaha, perdagangan, bisnis dsbnya..Dengan kata lain,Tuhan tidak alergi saudara berdagang dan mendapat keuntungan..dan jikia Roh Tuhan Berkuasa atas kita, Ia mampu memberikan Keuntungan bagi saudara dan saya bahkan dalam bidang bisnis atau usaha pekerjaan kita..dan sikap hati kita tetap benar kepada-Nya walau kita banyak mendapat keuntungan dengan apa yang kita kerjakan.

E.Experience Prosperity ini adalah hal yang sangat penting,karena apa..? Tuhan mau kita semua mengalami secara pribadi hubungan dengan DIA yang adalah SUMBER dari segala sesuatu yang baik dan akhirnya kitapun mendapat/mengalami kemakmuran,keberhasilan dalam hidup pribadi kita.

Dengan kata lain Tuhan ingin mengubah kita dan membangun kita dari dalam kita terlebih dahulu dan menikmati buahnya terlebih dahulu,baru kita bisa menjadi Contoh yang memuliakan-Nya dalam hidup ini. Besok kita masih akan membahas tentang arti kata TSALACH yang lainnya.

Dalam AnugerahNya Bagiku : Ps.   Vendrik Torindatu 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar