Minggu, 03 Juni 2012


 Jangan memiliki "mentalitas hak"...!!!

Seorang akademis muda yang sangat baik pergi untuk melamar posisi manajerial di sebuah perusahaan besar. Tahap terakhir ia diinterview oleh Direktur.

Direktur itu bertanya, "Apakah Anda memperoleh beasiswa di sekolah?"
"Tidak ada."
"Apakah ayahmu yang membayar uang sekolah Anda?"
Pemuda itu menjawab, "Ayah saya meninggal, Ibu saya yang membayar."
"Apakah pekerjaan ibumu?"
"Ibuku bekerja sebagai pencuci pakaian.
"Apakah Anda pernah membantu ibumu mencuci?"
"Tidak, ibu saya selalu ingin saya belajar dan membaca buku."
"Saya punya permintaan. Basuhlah tangan ibu anda, dan kembalilah besok pagi."

Pemuda itu merasa bahwa kesempatannya mendapatkan pekerjaan sangat tinggi. Lalu ia bergegas pulang untuk membasuh tangan ibunya. Ibunya merasa aneh sekaligus senang.
Saat mencuci tangan ibunya perlahan-lahan, air mata pemuda itu jatuh. Itu pertama kalinya ia melihat bahwa tangan ibunya begitu berkerut dan memar. Ini adalah kali pertama pemuda itu menyadari bahwa inilah sepasang tangan yangmencuci pakaian sehari-hari untuk memungkinkan ibu membayar biaya sekolah. Setelah membasuh tangan ibunya, pemuda itu dengan tenang mencuci semua sisa pakaian untuk ibunya. Malam itu, ibu dan anak berbicara untuk waktu yang sangat lama.

Keesokan paginya, pemuda itu pergi ke kantor direktur. Direktur melihat air mata di mata pemuda itu dan bertanya: "Dapatkah Anda katakan apa yang Anda lakukan kemarin?"
"Aku membasuh tangan ibuku dan mencuci sisa pakaian."
Direktur itu bertanya, "Tolong beritahu saya perasaanmu."
Si pemuda berkata, saya belajar 3 hal:
1. Saya tahu sekarang apa itu penghargaan. Tanpa ibu, saya tidak akan memiliki sukses hari ini.
2. Dengan bekerja sama dan membantu ibu, saya menyadari betapa sulit untuk mendapatkan sesuatu.
3. Saya jadi menghargai betapa pentingnya nilai dari hubungan keluarga.

"Inilah orang yang saya cari untuk menjadi manajer. Saya ingin merekrut orang yang dapat menghargai bantuan orang lain. Seseorang yang tahu penderitaan orang lain untuk menyelesaikan sesuatu. Dan orang yang tidak akan menempatkan uang sebagai satu-satunya tujuan dalam hidup.
ANDA DITERIMA!!

Seorang anak yang terlalu dilindungi dan biasa diberi apa pun yang ia inginkan, akan mengembangkan "mentalitas hak" dan akan selalu menempatkan dirinya pertama. Dia akan mengabaikan upaya orangtuanya.
Ketika ia mulai bekerja, ia menganggap bahwa setiap orang harus mendengarkan dia, dan ketika ia menjadi manajer, ia tidak akan pernah tahu penderitaan karyawan dan akan selalu menyalahkan orang lain.
Untuk orang yang baik secara akademis, mungkin bisa berhasil untuk sementara waktu, tetapi akhirnya tidak akan merasa ada prestasi. Dia akan mengeluh, tidak puas, mudah benci dan menghabiskan waktu untuk tujuan kurang penting dalam kehidupannya .
Jika kita menjadi semacam "orang tua pelindung", apakah cinta kita malah menghancurkan anak2? Kita dapat membiarkan anak-anak Anda tinggal di rumah besar, makan makanan yang baik, belajar piano, menonton TV layar lebar. Tapi ketika Anda memotong rumput, biar mereka turut mengalaminya. Setelah makan, biarkan mereka mencuci piring dan mangkuk bersama-sama saudara mereka.
Hal ini bukan karena kita tidak memiliki uang untuk menyewa pembantu, kita hanya ingin mereka mengerti, tidak peduli seberapa kaya orangtua mereka, satu hari rambut kita akan tumbuh abu-abu.

Hai anakku, janganlah anggap enteng didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan –Nya; karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak” (Ibrani 12 : 5b – 6).

Dedicated to : Richard Charles

Tidak ada komentar:

Posting Komentar