Jumat, 08 Juni 2012


" ROH TUHAN BERKUASA " 

( 1 Samuel 10: 6 )



Tanggal 27 May 2012 hari Minggu nanti, kita akan merayakan hari Pencurahan Roh Kudus (Pentakosta),dimana mulai saat itu Roh Kudus hadir bagi setiap orang percaya. Hari ini kita belajar dari ayat Alkitab yang bercerita saat dimana setelah Samuel mengurapi Saul menjadi Raja Israel, ia mengucapkan suatu perkataan tentang janji Allah kepadanya : Maka Roh Tuhan akan berkuasa atasmu....
Tahun lalu saat Tuhan mengingatkan saya sesuatu untuk dibagi kepada teman-teman pendoa saya mengenai satu kata yaitu" Menjadi manusia lain", dan saya diingatkan tentang ayat ini dan timbul dari diri saya untuk mulai menyelidiki ayat ini dari bahasa aslinya Ibrani. Saya terkagum dengan Alkitab ini karena apa, ternyata begitu dalam makna dari kata "Berkuasa".
Kata Ibrani yang dipakai untuk kata Berkuasa dalam ayat ini adalah : TSALACH ( bukan buah salak lho..), dan kata ini mempunyai banyak arti, hari ini kita akan mempelajari satu arti dari kata TSALACH ini.

1. Kata ini memiliki arti bebasnya membuat sibuk...ini harus diingat bahwa
kesibukan kita bukan datang karena kita orang yang sibuk tetapi datang dari
Roh Tuhan sendiri,dari Hati-Nya sendiri, kesibukan yang berasal dari-Nya membuat kita tidak
akan pernah bisa diam untuk tidak bersaksi, untuk tidak melakukan hal2 luar
biasa bagi Dia, melainkan kita akan bersemangat untuk melakukan hal2
yang datangnya dari Tuhan.Jika kesibukan kita hanyalah sebuah rutinitas dan berasal dari diri kita sendiri, saya takut kita akan kehabisan tenaga untuk terus melakukannya, tetapi jika kita sibuk dan itu datangnya karena dorongan Roh Tuhan atas kita saya percaya kita akan tetap kuat dan mampu menyelesaikan kesibukan kita sampai akhir, karena pasti ujungnya adalah Menyenangkan Hati Tuhan.
Hampir sama dengan pemakaian kata KUASA di Kisah Rasul 1:8 yang salah satu artinya dalam bahasa Yunani adalah DUNAMIS atau dinamis, yang bermakna sesuatu yang tidak statis/ tidak diam tetapi bermakna sifat hidup yang bersemangat, terus bergerak untuk menghasilkan perubahan yang membawa kemajuan( Kamus Umum Bahasa Indonesia ).
Demikianlah juga seharusnya hidup Kristen kita, kita harus terus bergerak,hidup bersemangat dalam-Nya ( tentunya mengikuti Gerakan Tuhan)untuk menghasilkan sebuah perubahan kemajuan bagi Kerajaan-Nya, maka itu teman-teman, ingatlah bahwa Roh yang diberikan kepada kita membuat kita menjadi orang percaya yang selalu bergerak bersamaNya, bertindak atau lakukan sesuatu yg
besar bagi Dia, memiliki ide, kreatifitas yg baru yg dari Dia.
Ingat ! Kesibukan yang datang dari Tuhan akan membawa berkat bagi kita dan orang lain, dengan intinya adalah membawa Kemuliaan hanya Bagi Dia dan bukan untuk diri sendiri.
Pokoknya tidak ada waktu untuk diam atau santai dan membiarkan Roh-Nya tidak aktif dalam kita,melainkan semakin giat membawa Injil Kristus kepada orang-orang yang perlu diselamatkan dengan cara yang baru, ide yang baru atau strategi yang baru bersama dengan Roh Tuhan yg berkuasa...

By HIS Grace : Ps. Vendrik Torindatu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar