Minggu, 03 Juni 2012

Pohon Jati & Pohon Jamur


Ada dua jenis tanaman yang sangat berbeda hakekatnya: Pohon jati, dan pohon jamur.
Butuh puluhan dan bahkan bisa lebih dari seratus tahun untuk menjadi sebuah pohon jati yang sangat besar dan kokoh tak tergoyahkan.
Sementara pohon jamur hanya butuh waktu satu malam utk tumbuh di awal musim hujan, dan hanya bbrp hari saja tumbuhan itu dpt bertahan hidup, kemudian ia mati dan hilang.

Demikian pula dgn manusia, ada yang sifatnya seperti jamur tumbuh, ia begitu bersemangat, berkobar2, penuh tawa dan sukacita ketika menerima hal2 yang menyenangkan dalam hidupnya, tetapi ketika tiba2 sedikit "kerikil" kesusahan yg menghambat langkahnya, maka hidupnya langsung menjadi layu secepat jamur lenyap dari permukaan tanah, sukacitanya hilang; alih-alih masih bisa bersyukur atas segala yang baik yang diterimanya; malah ia penuh dgn keluh kesah, caci-maki, dan kepahitan atas hidup dan kemalangan yg dialaminya.

Tetapi ada juga orang yang seteguh pohon jati. Walaupun tidak terlalu banyak hal spektakuler yg terjadi dlm hidupnya, ia tetap tabah dan ulet utk terus maju perlahan tapi pasti, melewati hari2nya dengan bersahaja. Dalam penderitaan dan kesendirian menanggung sakit ia tetap memiliki keyakinan dan keteguhan diri bhw Tuhan akan selalu menopang hidupnya.

Bukankah di waktu hujan orang akan memilih berteduh di bawah pohon jati, dan bukan di bawah pohon jamur?

Jadilah seperti pohon jati yg bertahan utk tetap setia dan taat pada firman Tuhan walaupun hidup itu tidak mudah dan butuh waktu utk sebuah proses pemulihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar